Selasa, 27 Desember 2011

Manfaat Wisata Bagi Anak

Sahabat semua, kali ini saya akan mengulas manfaat wisata khususnya bagi tumbuh kembang buah hati kita tercinta. Momen yang tepat karena saat ini adalah musim liburan sekolah bagi anak-anak, semoga dengan tulisan ini liburan buahh hati kita menjadi liburan yang berkesan dan bermanfaat.

Hari senin kemarin 16 Des 2011, saya beserta istri dan anak kami "Maghfi", pergi liburan ke suatu tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari rumah kami. Alhamdulillah kebetulan saat itu istri cuti bersama, dan juga saya mendapat jatah cuti tahunan yang belum di ambil. Selama ini kami jarang sekali pergi liburan bersama, karena sejak istri ngelanjutin kuliah, jatah libur hari sabtu nya dipake untuk masuk kuliah. Demikian juga saya, jatah libur sengaja dibikin beda dengan istri karena dipake buat ngasuh si kecil :), maklum di rumah nggak punya pengasuh. So,, kita gantian untuk ngasuh anak. Beruntung karena kami beda jam kerjanya, istri non shift/ kerja pagi terus (libur hari sabtu-minggu) sedang saya kerja shift (libur jumat-sabtu) jadi bisa disiasati agar anak bisa kepegang.

Jadi karena kemaren bisa libur bareng kami memutuskan untuk pergi wisata, sekalian sebagai hadiah bagi anak yang sudah beres menyelesaikan semester I di PAUD :) (meski kehadiran cuma 80%) tapi itu udah luar biasa bagi kami. Karena saat ini "maghfi" sedang keranjingan baju tidur "shaun the ship" bahkan ke PAUD pun maunya pake baju itu, he3. Makanya bolosnya lumayan sering.

Karena lagi musim hujan dan maghfi agak sedikit flu, kami memilih pergi ke "Rumah Sosis" yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah kami. Selain itu kami juga mendapat info dari rekan kerja yang udah pernah bawa anaknya & lihat-lihat brosurnya, maka kami pun mantap untuk memutuskan pergi ke sana.

Tempat wisata yang terletak di Jl.Setiabudi tersebut pada hari liburan sekolah lumayan rame pengunjungnya, karena berada di jalur Bandung-Lembang dan letaknya sangat dekat dengan jalan raya, menjadikan tempat tersebut mudah untuk dijangkau.

Tempatnya lumayan luas, juga berbagai wahana permainan buat anak tersedia baik yang indoor maupun out door. Yang indoor di antaranya : wahana sepeda,becak anak & otoped, wahana rumah pohon (di dalamnya berbagai macam mainan dari mulai ayunan, mandi bola, perosotan, jembatan goyang, jungkat-jungkit,dll) , wahana panjat tebing/fun climbing, wahana memanah/robin hood, trampoline. Yang out door : kolam renang, flying fox, flying fox extreme, naik kuda, perahu sosis, memancing ikan, high rope game, lorong sesat/ labirin, kereta, Play land, ATV/ mini motocross, dll

Setelah keliling keliling sebentar untuk melihat-lihat situasi, kami memilih untuk masuk wahana rumah pohon karena permainannya cukup komplit, selain itu satu tiket untuk anak sekaligus orang tua bisa masuk juga. Di tambah es krim gratis lumayan juga he3, trus kayaknya gak ada limit waktu jadi bisa sepuasnya.

Setelah itu lanjut ke wahana "perahu sosis" di sungai buatan dengan desian sedemikian rupa membuat "maghfi merengek-rengek" pengen naik. Ini dia aksi maghfi di "perahu sosis" nya, NUMBER ONE hehee. Meskipun gaya pake dayung, tetep aja majunya di dorong dorong sama "om" penjaga atau kesundul ama "sosis" yang melaju di belakangnya :)

Setelah jatah waktu habis, berhubung udah adzan dzuhur kita shalat dulu di mushola yang telah disediakan. Shalat berjamaah dzuhur ceritanya mah, tapi jamaah yang satu sambil kriuk-kriuk makan snack sambil lalu lalang di mushola. hehe. maghfi.maghfi.

Beres sholat ketemulah dengan kuda yang sedang pipis wuih si kuda yang sedang istirahat tersebut mungkin lagi kebelet, ngak nyari WC dulu, langsung aja pipis di depan umum. Jadi tontonan yang menarik karena selain bermuatan pornografi, ternyata wuihhh pipis nya buannnnyak banget ada mungkin 5 liter kira-kira. Membuat Maghfi terkagum-kagum atau mungkin terkaget-kaget tepatnya. hahaha . Karena terkesan dengan kuda maka Maghfi pun meringik ringik eh merengak-rengek minta naik kuda.

Nah lho kok panjang bangets ya prolognya, jangan-jangan sahabat nyangka saya marketingnya "Rumah Sosis". Tenang-tenang ane gak ade hubungan apapun tuch, sumpeh!!?? :)

Berwisata selain untuk menikmati keceriaan bersama seluruh anggota keluarga. Dengan berwisata pula kita bisa sejenak melupakan kegiatan sehari hari yang menoton atau pekerjaan kantor yang menumpuk. Meski kadang memerlukan biaya yang cukup besar (tidak selalu sich..) namun tidak sebanding dengan kepuasan batin yang kita dapatkan.

Selain itu jalan-jalan/ berwisata juga bermanfaat untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Manfaat wisata bagi anak diantaranya adalah : 
Melatih Anak Untuk Disiplin
Misalnya kita mengajarkan anak untuk disiplin dalam hal mengantre di tempat bermain dengan tidak asal serobot, disiplin untuk buang sampah pada tempatnya sambil di beri pengertian akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan
Belajar Komunikasi dan Berbahasa
Karena pada saat berjalan-jalan kita akan bertemu orang selain diluar rumah. Anak-anak akan lebih berani untuk berkomunikasi dengan orang baru dan juga mengetahui perbedaan-perbedaan cara berkomunikasi. Mereka akan menyadari bahwa dunia ini terdiri dari berbagai macam jenis bahasa.
Belajar Geografi
Geografi adalah ilmu mengenai kehidupan. Percaya atau tidak, ilmu ini sangat penting diajarkan untuk anak-anak. Kita bisa mengajarkan tentang pemahaman lintas budaya dan negara dan ilmu fenomena bumi seperti cuaca, iklim, geofisika dan bencana alam.
Belajar Menghargai Perbedaan
Dekat kaitannya dengan belajar geografi yang kita ajarkan pada anak. Selama perjalanan kita pasti akan menemukan berbagai macam ras dan suku bangsa. Hal ini bisa kita jelaskan bahwa kita tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan bantuan orang lain, tak peduli dari mana mereka berasal. Dengan menjelaskan ini, nantinya akan terus dibawa sampai mereka dewasa dalam menghargai perbedaan.
Menyerap Nilai-Nilai Kehidupan
Dengan berjalan-jalan, orang tua bisa menunjukkan secara langsung kepada anaknya tentang bagaimana manusia menjalani hidup dan apa kenyataan yang terjadi di sekitar masyakarat yang dikunjunginya. Disela-sela perjalanan juga bisa berdiskusi mengenai suatu interaksi atau fenomena tertentu, dan ini merupakan salah satu waktu berkualitas (quality time) dengan anak-anak.
Menjauhkan dari Konsumsi Materialistis
Bedakan antara anak-anak yang sering diajak jalan-jalan dengan yang sering diberi mainan. Anak-anak yang sering dibawa bepergian akan faham akan pentingnya pengalaman, menikmatinya dan akn terus mencari pengalaman yang baru, berbeda dengan anak yang hanya diberi mainan yang akan mudah cepat lupa dengan mainannya karena merasa bosan.
Belajar Arti dari Tanggungjawab
Jika kita menginkutsertakan anak-anak dalam merencanakan dan mempersiapkan perjalanan, maka anak-anak akan belajar bertanggung jawab terhadap pilihannya sendiri. Misalnya apa yang perlu mereka bawa dan yang tidak. Dengan begini mereka akan bertanggung jawab terhadap pilihan mereka sendiri.


Selamat berwisata sahabat...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011
Cara Merawat Wajah

Powered by
Free Blogger Templates